Sabtu, 25 Juni 2016

Stres Pada Burung Hantu



    Seperti semua hewan lain, 

    burung hantu juga bisa stress

    Ciri burung hantu yang stress berikut juga bisa menjadi acuan ciri BOP yang stress. Berikut adalah penyebab stress pada burung hantuciri burung hantu stress, dan cara mengobati stress pada burung hantu yang juga merupakan penyebab BOP stress, ciri BOP atau burung pemburu yang stress, serta menyembuhkan BOP yang stress.




    • Penyebab stress pada burung hantu.
    • Sebab stress pada burung hantu antara lain karena bepergian (menempuh perjalanan jauh), penyakit (misalnya karena kutu), suhu tinggi (kandang yang terlalu panas), kurang makanan atau kurang minum (kelaparan, kehausan), pergantian iklim, dan sebab lainnya.
    • Tanda burung hantu yang stress.
    • Ciri stress pada burung antara lain adalah burung hantu terlihat murung, mata sering terpejam/merem, serta nafsu makan yang berkurang atau tidak mau makan samasekali. Hal ini juga pernah dibahas pada artikel sebab burung hantu mogok makan. Burung hantu yang stress juga umumnya mengalami gangguan pada sistem pencernaannya, ditandai dengan feses burung hantu yang stress juga biasanya tidak memiliki bagian fecal pada fesesnya. Bagian fecal pada feses burung hantu adalah bagian berwarna hitam atau coklat tua. Gambar feses burung hantu yang stress bisa dilihat dibawah ini:
      Feses Burung Hantu yang Stress
    • Menyembuhkan burung hantu yang stress.
    • Untuk mengobati burung hantu yang stress bisa dilakukan dengan syarat tingkat keparahan stress pada burung hantu belum begitu parah. Segera lakukan langkah-langkah pengobatan stress pada burung hantu ini jika burung hantu anda mulai menunjukkan tanda stress pada burung hantu. Cara mengobati stress pada burung hantu bisa dilakukan dengan beberapa langkah pengobatan stress pada burung hantu berikut ini:
      1. Kenali gejalanya.
      2. Mengenali tanda stress pada burung hantu adalah langkah pertama dalam menyembuhkan stress pada burung hantu. Maka penting untuk mengetahui sebab utama stress pada burung hantu anda.
      3. Lakukan penyembuhan dengan melakukan kontra-indikasi.
      4. Jika telah mengenali gejala stress pada burung hantu anda, lakukanlah langkah kontra indikasi. Jika burung hantu anda stress akibat suhu panas, maka pindahkanlah perch-nya ke tempat yang agak teduh. Jika burung hantu anda stress akibat perjalanan jauh, diamkan dia selama beberapa jam di ruangan kosong seperti gudang dan lain sebagainya. Jika burung hantu anda stress akibat penyakit, maka bawa segera ke dokter hewan terdekat untuk mengobatinya.
      5. Jika gejala burung hantu stress masih terlihat, sangat disarankan untuk segera membawa burung hantu anda ke dokter hewan terdekat agar langkah pencegahan, diagnosa, dan penanganan bisa sesegera mungkin diambil oleh dokter.
    Sekian dulu artikel tentang stres pada burung hantu kali ini.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar