Minggu, 05 Juni 2016

Cara Membuat Aplikasi Form Di Ms Excel


MS EXCEL, siapa yang tak mengenal nama itu, software lahiran dari microsoft ini sudah banyak sekali memberikan kontribusi yang luar binasa dalam segala hal.

Kemudahan dalam pekerjaan yang sangat berperan penting dalam meringankan beban kita didalam pekerjaan itu sendiri, pada artikel kali ini akan sedikit saya bagikan tentang tata cara pembuatan Aplikasi form di MS EXCEL menggunakan MACROS, perhatikan baik-baik setiap stepnya agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan nantinya. mari kita langsung mulai saja eksekusinya, karena lumanyan juga langkah-langkah yang akan dijabarkan.


1. Buatlah kolom seperti pada gambar diatas




2. Setelah pembuatan kolom selesai, klik view (tanda panah 1), klik kanan pada macros (tanda panah 2), kemudian pilih dan klik view macros (tanda panah 3)




3. Setelah proses nomer 2 selesai maka akan muncul tampilan seperti diatas, berikan nama macros sesuai dengan nama sheet anda, nama macros (tanda panah 1), nama sheet (tanda panah 2), setelah nama disamakan selanjutnya tekan create (tanda panah 3)





4. Nah disinilah pertarungan akan dimulai, dengan dibukanya jendela baru. klik kanan pada tanda panah no 1, klik insert (tanda panah 2), pilih UserForm (tanda panah 3)





5. Akan muncul kotak form setelah anda klik UserForm di gambar sebelumnya.





6. Buatlah kolom sesuai dengan jumlah dan nama seperti di langkah 1. klik tanda panah 1 untuk membuat kolom keterangan (nama,status,alamat,dan usia), klik tanda panah 3 untuk membuat kolom isian seperti pada tanda panah nomer 4.





7. Setelah proses pembuatan kolom keterangan dan kolom isian selesai, selanjutnya kita buat tombol untuk menambahkan data dan menutup aplikasi form (lihat gambar diatas)



 Halaman Selanjutnya >>>











Tidak ada komentar:

Posting Komentar